Jumat, 13 Januari 2012

Sakit Kepala Setelah Naik Tangga Bisa Jadi Tanda Anemia

Naik tangga merupakan aktivitas yang mungkin dilakukan sehari-hari, tapi bagi beberapa orang ada yang merasa pusing setelahnya. Ternyata pusing atau sakit kepala setelah naik tangga bisa menjadi tanda anemia.

Dalam kebanyakan kasus, sakit kepala setelah naik tangga biasanya tidak membutuhkan perhatian yang serius. Namun jika kejadian ini terus berulang, kemungkinan menjadi sinyal dari suatu kondisi medis yang mendasari salah satunya adalah anemia.

www.blogbelajarpintar.blogspot.com

Anemia merupakan kondisi yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang menurun dalam darah atau bisa juga disebabkan oleh jumlah sel darah merah yang melebihi normal.

Sel darah merah ini befungsi membawa oksigen ke otak dan juga organ tubuh lainnya, jika jumlahnya berkurang maka ada bagian tubuh termasuk otak yang tidak mendapat oksigen dengan cukup.

Ketika menaiki anak tangga tubuh termasuk otak membutuhkan lebih banyak oksigen. Tapi jika seseorang mengalami anemia asupan oksigen akan lebih sedikit, jika terus dipaksakan akan membuat seseorang merasa pusing atau sakit di bagian kepala, seperti dikutip dari Livestrong, Jumat (30/12/2011).

Selain anemia, rasa sakit di kepala ini juga bisa disebabkan oleh tekanan darah rendah karena detak jantung di bawah normal. Ketika seseorang berdiri atau menaiki tangga, tekanan darah akan meningkat untuk memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.

Namun jika seseorang punya penyakit darah rendah maka tubuh tidak bisa memompa darah untuk mencukupi kebutuhan yang berakibat munculnya sakit kepala saat naik tangga atau setelahnya.

Kondisi lain yang bisa menjadi penyebab adalah kadar gula darah rendah (hipoglikemia), karena tubuh kekurangan gula yang menjadi sumber utama bahan bakar terutama otak. Jika disebabkan oleh kadar gula darah rendah, ras asakit di kepala kadang disertai dengan pelinghatan yang kabur.

Sedangkan kondisi lain yang bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala setelah naik tangga adalah sirkulasi udara yang buruk serta dehidrasi.









sumber: http://www.tuanmuda.us/showthread.php?tid=8640

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post