Selasa, 17 Januari 2012

Musik Mozart Cerdaskan Anak


 
Benarkah musik Mozart dapat membuat anak Anda menjadi lebih cerdas? Dari hasil sebuah studi baru-baru ini, diketahui bahwa ternyata antara musik Mozart dengan kemampuan kognitif seorang anak sama sekali tidak ada hubungannya.

Sebagaimana disiarkan HealthDay News, Jumat (14/5), yang dikutip kantor berita Xinhua, hasil studi itu menyebutkan, mendengarkan musik Mozart takkan membuat anak Anda menjadi lebih cerdas.

Dalam studi itu diperdebatkan penelitian terdahulu yang memperlihatkan hubungan antara mendengarkan musik Mozart dengan peningkatan kemampuan otak. Seperti studi terkenal pada 1993 yang diterbitkan jurnal Nature, menunjukkan bahwa mendengarkan musik Mozart akan meningkatkan kemampuan kognitif.

Akibatnya, orang-orang semakin tertarik untuk mendekatkan putra-putrinya musik klasik. Industri penjualan kaset atau CD pun berlomba menjualnya ke berbagai sekolah, pusat penitipan anak, juga orang tua.

Namun penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Austria baru-baru ini tak menemukan bukti bahwa mendengarkan musik Mozart berdampak pada kemampuan kognitif seseorang, demikian HealthDay News.
Para peneliti di University of Vienna mengkaji lebih dari 40 studi dan penelitian yang tak disiarkan, meliputi sedikitnya 3.000 subjek. Kesimpulannya, tak ada hasil yang mendukung pendapat bahwa musik Mozart meningkatkan kemampuan otak anak.

Dengan demikian, temuan itu membantah mitos mengenai dampak peningkatan kemampuan otak diantara pendengar musik Mozart. Para peneliti pun melaporkan bahwa mereka tak dapat mengkonfirmasi dampak menguntungkan dari mendengarkan jenis musik ini.

“Saya menyarankan mendengarkan musik Mozart kepada setiap orang, tapi itu tak memenuhi harapan mengenai peningkatan kemampuan kognitif,” tutur ahli ilmu jiwa di University of Vienna Jakob Pietschnig, sekaligus penulis riset tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post