Jumat, 13 Januari 2012

India Semakin Akrab dengan ASEAN


dok. Afif Farhan (detiktravel)

ASEAN-India baru saja menandatangi MOU di bidang pariwisata. Dengan ditandatanganinya MOU, semakin mempermudah kedua belah pihak untuk berkunjung ke negara masing-masing.

Bertempat di Grand Kawanua, Novotel Manado, Kamis (12/1/2012), telah ditandatangani MOU antara ASEAN dan India. Pendatanganan ini masih termasuk dalam rangkaian acara ASEAN Tourism Forum (ATF).

Penandatanganan MOU yang berisi kesepakatan kerjasama di bidang pariwisata antara ASEAN-India ini, disaksikan oleh para menteri pariwisata dari negara anggota ASEAN. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, MOU ini akan memudahkan bagi kedua belah pihak, yaitu ASEAN-India, dalam memajukan pariwisata.

"Acara ini bertujuan untuk menyambung koneksi yang kuat antara ASEAN dan India," kata Mari.

Berdasarkan perhitungan turis yang dilakukan setiap 5 tahun sekali, diketahui bahwa ternyata kedatangan turis India ke ASEAN naik hingga 2 kali lipat. Karena itu, dibuatlah MOU untuk semakin mempermudah turis India ke negara ASEAN atau pun sebaliknya.

"Tahun 2005 jumlah pengunjung turis india adalah 1,2 juta orang, dan tahuun 2010 meningkat jadi 2,5 juta orang," ungkap Mari.

Banyak hal yang telah dilakukan untuk mendukung kesepakatan ini, antara lain dengan peningkatan kualitas hotel. Ini karena kebanyakan alasan turis India yang datang adalah untuk berbulan madu.

"Kualitas hotel juga kita tingkatkan untuk kenyamanan dan keamaan turis India," tambah Mari.

ASEAN Green Hotel Awards kemarin adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hotel. Selain itu, program visa tunggal juga membantu akses turis India untuk menjelajah ke berbagai negara anggota ASEAN, begitu juga sebaliknya. Jadi, tidak hanya turis India yang bisa merasakan kemudahan, Anda pun bisa.











sumber: http://detik.travel/read/2012/01/12/171158/1814074/1025/2/india-semakin-akrab-dengan-asean

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post